Senin, 22 September 2014

PEMROGRAMAN BAHASA ASSEMBLY MENCETAK KARAKTER NAMA SENDIRI



Nama : Sutia Agustina 
 Kelas  : 1 CB   
 NIM    : 061430700548   
Dosen: Ali Firdaus,S.Kom;M.Kom
 


 
A.  Pengertian
Bahasa Assembly (rakitan) adalah bahasa pemrograman komputer tingkat rendah yang kedudukannya di antara bahasa mesin dan bahasa level tinggi. 

Secara umum, ada dua jenis tingkatan bahasa dalam pemrograman komputer,yaitu :
1.High Level language (Bahasa tingkat tinggi), beroirientasi kepada manusia, agar bahsa pemrograman yang dibuat mudah di mengerti manusia. Contoh : Bahasa C dan Pascal
2.Low Level Language (Bahasa tingkat rendah), berorientasi pada bahasa mesin yang merupakan kumpulan kode biner sebagai instruksi yang bisa dijalankan oleh komputer.

Bahasa Assembly memakai kode Mnemonic (julukan) untuk menggantikan kode biner, agar lebih mudah diingat sehingga lebih memudahkan penulisan program.

Berbeda dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi, bahasa assembly atau rakitan biasanya memiliki hubungan 1-1 dengan instruksi bahasa mesin. Misalnya, tiap julukan (mnemonic) yang ditulis di program dengan bahasa rakitan akan diterjemahkan menjadi tepat satu kode operasi yang dapat dimengerti langsung oleh komputer. Pada bahasa tingkat tinggi, satu perintah dapat diterjemahkan menjadi beberapa kode operasi dalam bahasa mesin. Proses pengubahan bahasa rakitan ke bahasa mesin inilah yang dilakukan oleh program Assembler.

Kelebihan Bahasa Assembly :
1. Ketika di-compile lebih kecil ukuran
2. Lebih efisien/hemat memori
3. Lebih cepat dieksekusi

Kesulitan Bahasa Assembly :
1. Dalam melakukan suatu pekerjaan, baris program relatif lebih panjang dibanding bahasa  tingkat tinggi
2. Relatif lebih sulit untuk dipahami terutama jika jumlah baris sudah terlalu banyak
3. Lebih sulit dalam melakukan pekerjaan rumit, misalnya operasi matematis


 B. Bagian-Bagian dari program Assembly
1.  Label
   Label merupakan suatu simbol yang didefinisikan sendiri oleh pembuat program untuk menandai    lokasi memori pada area program. Penulisannya diakhiri dengan tanda “titik dua” ( : ) .
Contoh :
Proses:
Mulai:
Start:

2. Mnenonik
   Mnemonic instruksi atau pengarah Assembler dimasukan dalam “Mnemonic field” yang mengikuti  “label mnemonic”. Mnemonic instruksi misalnya ADD, MOV, INC dan lain-lain.Sedangkan pengarah Assembler misalnya ORG, EQU, DB dan lain-lain.
Contoh :
MOV, AH 
3. Operand
    Operand ditulis setelah mnemonic, bisa berupa alamat atau data yang digunakan instruksi yang bersangkutan.
Contoh :
MOV, AH 02h
4. Komentar
Komentar harus diawali dengan titik koma. Sub rutin dari bagian besar program yang mengerjakan suatu operasi biasanya diawali dengan blok komentar yang menjelaskan fungsi sub rutin atau bagian besar program tersebut.
5. End
Kode perintah terakhir yang menunjukan batas akhir dari proses Assembly.


C. CARA MENGGUNAKAN PROGRAM ASSEMBLY
1. Pastikan anda telah memiliki program assembly yang telah di simpan di data D(bleh juga C) dengan folder sendiri yang telah diberi nama. Misal nama folder : SutiaA(di data D)
Program assembly ini terdiri dari TASM,TLINK, dan RTM.

2. Masuk ke under Dos melalui klik starmenu, pada bagian search ketikkan cmd
                atau  start -> program -> acssessoris -> Command Prompt


3.Ketikkan d:
4.Ketikkan cd spasi nama folder . Contoh : cd sutiaa
5.Ketikkan edit, lalu ketikkan program assembly yang akan dibuat




                                           




Ini contoh program assembly yang sudah aku buat . Kalau aku mencoba membuat karakter nama aku menggunakan program assembly .


              6. Jika telah dibuat, simpan program . File-> Save As .Contoh: tiaacb.asm
7. Kemudian klik File->Exit
8. Langkah selanjutnya adalah mengecek apakah program yang telah kita buat sudah benar atau belum, yakni dengan cara men-TASM program.
Ketikkan TASM spasi NAMA PROGRAM . Contoh : tasm tiaacb
c11.PNGJika benar maka akan muncul tampilan seperti ini,






Jika pada bagian Error message  terdapat keterangan selain dari None, berarti program yang anda buat masih ada yang salah.

9.       Kemudian lingking program tadi dengan menggunakan TLINK














10. Jika telah selesai di linking, langkah terakhir adalah ketikkan lagi nama program yang tadi anda buat
Nih contoh punya aku yang sudah jadi  


Jika sudah benar, maka nama karakter yang di inginkan akan muncul di Command Prompt.



KETERANGAN

·         MODEL SMALL
Tanda directive ini digunakan untuk memberitahukan kepada assembler bentuk memory yang digunakan oleh program kita.
Model-model yang bisa digunakan adalah :
- TINY
Jika program anda hanya menggunakan 1 segment seperti program COM. Model ini disediakan khusus untuk program COM.
- SMALL
Jika data dan code yang digunakan oleh program kurang dari ukuran 1 segment atau 64 KB.
- MEDIUM
Jika data yang digunakan oleh program kurang dari 64 KB tetapi code yang digunakan bisa lebih dari 64 KB.

·         CODE
   CODE digunakan untuk memberitahukan kepada assembler bahwa kita akan mulai   menggunakan Code Segment-nya disini. Code segment ini digunakan untuk menyimpan program  yang nantinya akan dijalankan.

·         ORG 100h
    ORG digunakan untuk memberitahukan assembler supaya program pada saat dijalankan(diload ke memory) ditaruh mulai pada offset ke 100h (256) byte. Dapat dikatakan juga bahwa kita menyediakan 100h byte kosong pada saat program dijalankan. 100h byte kosong ini nantinya akan ditempati oleh PSP(Program Segment Prefix) dari program tersebut. PSP ini digunakan oleh DOS untuk mengontrol jalannya program tersebut.

·         MOV (MOVE FROM MEMORY)
    Perintah MOV adalah perintah untuk mengisi, memindahkan,memperbaruhi isi suatu register, variable ataupun lokasi memory, Adapun tata penulisan perintah MOV adalah :
MOV [operand A], [Operand B]
Contoh :
MOV AH, 02h
Operand A adalah Register AH
Operand B adalah bilangan 02
Hal yang dilakukan oleh komputer untuk perintah diatas adalah memasukan 02 ke register AH.

·         INT (INTERRUPT)
     INT merupakan  perintah untuk menghentikan program yang sedang dikerjakan dan melakukan apa yang diminta oleh yang menginterupsi.
Contoh :
INT, 21h

·         END
Mengakhiri program Assembly

hunaka download^^ 

***** ^_^ JAZAKILAH ^_^ *****

1 komentar: