Selasa, 30 September 2014

MENCETAK KARAKTER A-Z BERWARNA DILANJUTKAN Z-A TIDAK BERWARNA MENGGUNAKAN PROGRAM ASSEMBLY


Nama : Sutia Agustina 
Kelas  : 1 CB   
NIM    : 061430700548  
 Dosen: Ali Firdaus,S.Kom;M.Kom





A. PENGANTAR
Praktek bahasa rakitan kali ini cukup kompleks, karena menggunakan perpaduan dari beberapa perintah dalam program assembly, diantaranya : perintah mencetak karakter secara urut, memberi warna pada karakter, memberi warna pada background, dan juga mencetak karakter yang urutannya berkebalikan dari sebenarnya.

B. LANGKAH-LANGKAH
1. Buka Command Prompt
2. Pada laman Command Prompt ketikkan d: , lalu cd(spasi) nama folder
3. Ketikkan "edit" , lalu muncul layar biru tempat kita mengetikkan perintah program

4. Ketikkan perintah program ini :
.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100h
proses :
             MOV AH,09h
             MOV BL,01010101b
             MOV CX,26
ulang :
             INT 10h
             INC BL
             loop ulang
 
             MOV AH,02h
             MOV DL,'A'
             MOV CX,26
lagi :
            INT 21h
            INC DL
            loop lagi
 
           MOV AH,02h
           MOV DL,'Z'
           MOV CX,26
lanjut :
            INT 21h 
            DEC DL
            loop lanjut
            INT 20h
END proses
5. Jika sudah, simpan program tersebut dengan nama terserah anda. Misal : karwa3.asm
6. Setelah disimpan , klik menu File-->Exit , dan akan kembali ke laman Command Prompt awal
7. Kemudian TASM program yang sudah dibuat tadi untuk mengecek apakah terdapat kesalahan atau tidak, yaitu dengan cara ketik tasm(spasi) nama folder . Misal : tasm(spasi)karwa3
8. Setelah di TASM, kemudian lingking dengan menggunakan TLINK. Misal : tlink(spasi)karwa3
9. Selanjutnya ketikkan TLINK/T. Misal : tlink/t(spasi)karwa3
10. Langkah terakhir, ketikkan lagi nama folder program tadi, dan lihat apakah karakter huruf 'A' sampai 'Z' berwarna dan 'Z' ke A tidak berwarna yang diinginkan muncul atau tidak

KETERANGAN :
 # .MODEL SMALL --> Bentuk memory yang digunakan kurang dari 1 segment atau 64 KB


# .CODE --> Menyimpan program yang nantinya akan dijalankan


# ORG 100h --> Kita menyediakan 100 byte kosong pada saat program dijalankan, untuk mengontrol jalannya program tersebut


# PROSES --> Label untuk memulai


# MOV AH, 02h --> Nilai servis untuk mencetak karakter
# MOV BL,01010101b -->  Memberi warna pada background. Contoh : 01010101b = warna ungu
# MOV CX,26 --> Mencetak sebanyak 26 karakter. (angka bisa diganti sesuai dengan berapa banyak karakter yang ingin dicetak)
# Ulang --> Label untuk memulai
# INT 10h --> Tempat terjadinya pengulangan
# INC BL --> Menambah nilai di register BL dengan 1 (INC=Increment)
# Loop ulang --> Lompat ke label 'ulang'
# MOV AH,02h --> Nilai servis untuk mencetak karakter
# MOV DL,'A' --> Mencetak karakter 'A'
# MOV CX,26 --> Mencetak sebanyak 26 karakter setelah huruf A
# Lagi --> label untuk menambah lagi program yang ingin dijalankan
# INT 21h --> Menghentikan proses pencetakan
# INC DL --> Menambah nilai di register DL dengan 1
# Loop lagi --> Lompat ke label 'lagi'
# MOV AH,02h --> Nilai servis untuk mencetak karakter
# MOV DL,'Z' --> Mencetak karakter huruf 'Z'
# MOV CX,26 --> Mencetak sebanyak 26 karakter sebelum huruf Z
# Lanjut --> Label untuk menambah program lagi
# INT 21h --> Menghentikan proses pencetakan
# DEC DL --> Kurangkan DL dengan1. Maksudnya : Mencetak mundur karakter, misal setelah dicetak huruf Z, maka yang dicetak selanjutnya adalah huruf Y
# Loop lanjut --> Lompat ke label 'lanjut'
# INT 20h --> Menghentikan proses pencetakan, dan kembali ke DOS
# END proses --> Mengakhiri proses assembly
 
 
***** ^_^ JAZAKILAH ^_^ *****
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar