Rabu, 01 Oktober 2014

MEMBUAT DESAIN KOMPONEN ELEKTRONIKA MENGGUNAKAN PROTEL SCHEMATIC 1.0

Nama : Sutia Agustina 
Kelas  : 1 CB   
 NIM    : 061430700548   
 Dosen: Ali Firdaus,S.Kom;M.Kom
 

Membuat Contoh Desain Sederhana

 

A.PENGERTIAN
Protel Schematic 1.0 merupakan salah satu program aplikasi untuk membuat desain PCB. Protel Schematic 1.0 sebenarnya satu paket dengan Protel PCB. Fitur program ini dapat membantu untuk membuat desain dengan cepat dan mudah karena kontennya sudah di desain sedemikian rupa contohnya, sejumlah Library(komponen elektronika) dan pattern pad(kaki pin komponen elektronika) yang mempermudah proses pembuatan desain PCB.

B.LANGKAH-LANGKAH MENGGUNAKAN PROTEL SCHEMATIC 1.0

1.Pastikan anda sudah menginstal Protel Schematic 1.0.
2.Dari Start-->All program-->Advanced Schematic-->Library Editor atau bisa juga melalui windows explorer : Local Disk C-->PWSCH-->LIBEDIT (bisa juga ke SCH)
3.Akan ada tampilan seperti ini, lalu klik File-->New untuk memulai


4.Buat kotak dengan menggunakan Rectangles pada Library Tools



5. Buat badan komponen dengan menggunakan  graphical polygon shape  untuk mempermudah. Buat sebanyak 8 badan dan disatukan seperti angka 8.

6. Buat kaki komponen dengan cara klik Place-->Pins atau klik icon  pada Library tools. Kemudian muncul tanda tambah pada kursor, letakkan pada tempat yang di inginkan

Saat meletakkan Pins pertama kali, posisi Pins adalah Horizontal. Untuk mengubahnya ke posisi vertikal caranya : Klik dua kali pada Pins, lalu pilih orientation 90 degrees atau sesuai yang di inginkan.

Atau bisa juga cara cepatnya dengan klik dua kali pada Pins, lalu tekan Space bar.

Ubah nama Pins sesuai yang diinginkan. Caranya: Klik dua kali pada Pins, lalu muncul kotak dialog seperti diatas . Pada Attributes Name-->Ubah nama. Pada Attributes Number--> Ubah Nomor.

7. Buat bentuk bulat dengan menggunakan eliptical shapes pada Library tools


8. Buat teks untuk memberi nama pada badan-badan komponen. Caranya klik icon Text pada Library tools. Kemudian akan muncul kotak kecil pada kursor. Klik dua kali pada kotak tersebut,kemudian akan muncul kotak dialog Text (seperti pada gambar), Edit Text dan atur Font sesuai yang di inginkan. Lalu Ok.
(bisa juga mengubah pengaturan yang lain).



9. Tahap pembuatan desain PCB sederhana sudah selesai.



hunaka download^^

***** ^_^ JAZAKILAH ^_^ *****





Tidak ada komentar:

Posting Komentar