Rabu, 24 September 2014

2.5 Jenis-Jenis Jendela Kerja (Windows) pada Protel 99 SE

Nama : Sutia Agustina  
Kelas  : 1 CB   
 NIM    : 061430700548  
  Dosen: Ali Firdaus,S.Kom;M.Kom
 
 Kamis, 18 September 2014
Catatan Praktek Gambar Teknik



 
Sebelum mulai mendesain skema rangkaian dan layout PCB dengan protel 99 SE, perlu kiranya bagi anda untuk mengenal dan mempelajari beberapa istilah-istilah yang berhubungan dengan jendela kerja (windows) Protel 99 SE. Pemahaman akan hal tersebut dapat memudahkan anda dalam menggunakan berbagai macam aplikasi pada program Protel 99 SE, terutama pada saat proses domain, skema rangkaian dan layout PCB dilakukan.
:) Keterangan nama dan fungsi dari jendela kerja Protel 99 SE yang ditampilkan pada gambar 2.2 adalah sebagai berikut :
1. Desaigner manager adalah jendela kerja yang berfungsi untuk menampilkan jenis file yang telah ada ataupun yang akan dibuat. Desain manager dapat digunakan juga untuk memperoleh perintah-perintah dalam pengeditan dokumen.
2. Active Desain Station merupakan jendela kerja untuk menunjukkan komputer mana saja yang terhubung dengan aplikasi-aplikasi Protel 99 SE. Hal ini berguna saat pembuatan desain rangkaian elektronika bersama-sama dalam suatu jaringan antara satu komputer dengan komputer lainnya.
3. Design team berfungsi untuk mengedit otoritas file. Design team dapat digunakan juga untuk mendeteksi file yang telah dibuat dengan kata kunci (password) sehingga tidak sembarang orang bisa mengubah desain rangkaian ataupun layout PCB yang telah dibuat.
4. Design Windows adalah jendela kerja yang menunjukkan tampilan jenis dokumen dan lembar kerja yang sedang di desain.
5. Active Design Multilayer adalah pilihan tab pada PCB editor yang menentukan tempat layer yang sedang digunakan.
6. Design Tabs menunjukkan nama dari jenis file,dokumen,ataupun lembar kerja yang sedang digunakan.
7. Design Explorer Menu adalah menu-menu pilihan program Protel 99 SE yang akan ditampilkan dalam bentuk jendela Explorer.
8. Help Advisor adalah tombol pintas yang berisikan dokumentasi penggunaan Protel 99 SE. Fasilitas ini dibuat dalam bentuk tampilan pencarian kata kunci sehingga dapat membantu anda ketika menemui kesulitan dalam menggunakan program Protel 99 SE.
9. Main menu adalah tombol-tombol utama, berisi beberapa perintah kerja penting saat proses perancangan dilakukan.
*****^_^JAZAKILAH^_^*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar