Senin, 27 Oktober 2014

MEMBUAT PROGRAM MENGGUNAKAN PERINTAH "JUMP"

Nama : Sutia Agustina  
Kelas  : 1 CB  
NIM    : 061430700548  
Dosen: Ali Firdaus,S.Kom;M.Kom





A.PENGERTIAN

LOMPAT TANPA SYARAT
Perintah JMP(Jump), sudah pernah kita gunakan, dimana perintah ini digunakan untuk melompati daerah data program. Perintah JMP digunakan dengan syntax:
JMP Tujuan

Perintah JMP ini dikategorikan sebagai Unconditional Jump, karena perintah ini tidak menyeleksi keadaan apapun untuk melakukan suatu lompatan. Setiap ditemui perintah ini maka lompatan pasti dilakukan.
Selain dari perintah jump tanpa syarat, masih banyak perintah Jump yang menyeleksi suatu keadaan tertentu sebelum dilakukan lompatan. Perintah jump dengan penyeleksian kondisi terlebih dahulu biasanya diikuti dengan perintah untuk melihat kondisi, seperti membandingkan dengan perintah "CMP"(Compare).

MEMBANDINGKAN DENGAN CMP
Perintah CMP(Compare) digunakan untuk membandingkan 2 buah operand, dengan syntax:
CMP Operand1,Operand2
CMP akan membandingkan operand1 dengan operand2 dengan cara mengurangkan operand1 dengan operand2. CMP tidak mempengaruhi nilai Operand1 dan Operand2, perintah CMP hanya akan mempengaruhi flags register sebagai hasil perbandingan. 

Adapun flag-flag yang terpengaruh oleh perintah CMP ini adalah:
- OF akan 1, jika operand1 lebih kecil dari operand2 pada operasi
bilangan bertanda.
- SF akan 1, bila operand1 lebih kecil dari operand2, pada operasi
bilangan bertanda.
- ZF akan 1, jika operand1 nilainya sama dengan operand2.
- CF akan 1, jika operand1 lebih kecil dari operand2 pada operasi
bilangan tidak bertanda.

Perlu anda ingat bahwa CMP tidak dapat membandingkan antar 2 lokasi memory.

LOMPAT YANG MENGIKUTI CMP
Perintah CMP yang hanya mempengaruhi flag register, biasanya diikuti dengan perintah lompat yang melihat keadaan pada flags register ini. Jenis perintah lompat yang biasanya mengikuti perintah CMP, terdapat 12 buah.
-----------------------------+----------------------------------
Perintah Lompat | Kondisi
-----------------------------+----------------------------------
1. JA <Jump If Above> | Lompat, jika Operand1 > Operand2
| untuk bilangan tidak bertanda
2. JG <Jump If Greater> | Lompat, jika Operand1 > Operand2
| untuk bilangan bertanda
3. JE <Jump If Equal> | Lompat, jika Operand1 = Operand2
4. JNE <Jump If Not Equal> | Lompat, jika Operand1 tidak sama
| dengan Operand2
5. JB <Jump If Below> | Lompat, jika Operand1 < Operand2
| untuk bilangan tidak bertanda
6. JL <Jump If Less> | Lompat, jika Operand1 < Operand2
| untuk bilangan bertanda
7. JBE <Jump If Below or Equal>| Lompat, jika operand1 <= Operand2
| untuk bilangan tidak bertanda
8. JLE <Jump If Less or Equal> | Lompat, jika Operand1 <= Operand2
| untuk bilangan bertanda
9. JAE <Jump If Above or Equal>| Lompat, jika Operand1 >= Operand2
| untuk bilangan tidak bertanda
10. JGE <Jump If Greater or | Lompat, jika Operand1 >= Operand2
Equal> | untuk bilangan bertanda
-----------------------------+----------------------------------

B. LANGKAH-LANGKAH  
contohnya adalah program  menampilkan hasil "Lulus,Lulus bersyarat,atau Tidak lulus" berdasarkan nilai yang dimasukkan pada program Assembly
1.Buka Command Prompt


2.Pada command prompt ketikkan d: lalu cd(spasi)nama folder


3.Ketikkan edit,lalu akan muncul layar biru tempat kita mengetikkan program










 4.Ketikkan perintah program ini :
    .MODEL SMALL
    .CODE
    ORG 100h
    Tdata : JMP proses
                UAS DB 20
                Kal0 DB 'tidak lulus $'
                Kal1 DB ' lulus bersyarat $'
                Kal2 DB 'tidak lulus $'
    Proses :
                MOV AL,UAS
                CMP AL,40
                JB AKecil
                JE Sama
                JA Abesar
   Akecil :
                lea dx,Kal0
                JMP cetak
   Sama :
                lea dx,Kal1
               JMP cetak
   Abesar :
                lea dx,Kal2
   cetak :
               MOV AH,09h
               INT 21h
   exit : INT 20h
   END Tdata






5. Jika sudah, simpan program tersebut dengan nama terserah anda. Misal : jump2.asm
6. Setelah disimpan , klik menu File-->Exit , dan akan kembali ke laman Command Prompt awal
7. Kemudian TASM program yang sudah dibuat tadi untuk mengecek apakah terdapat kesalahan atau tidak, yaitu dengan cara ketik tasm(spasi) nama folder . Misal : tasm(spasi)jump2
8. Setelah di TASM, kemudian lingking dengan menggunakan TLINK. Misal : tlink(spasi)jump2
9. Selanjutnya ketikkan TLINK/T. Misal : tlink/t(spasi)jump2
10.Langkah terakhir, ketikkan lagi nama folder program tadi dan lihat apakah tulisan "lulus,lulus bersyarat,atau tidak lulus" muncul atau tidak. Tulisan yang muncul sesuai dengan nilai angka yang dimasukkan pada program.

#nilai UAS DB lebih kecil dari CMP AL

 #Nilai UAS DB lebih besar dari CMP AL

#Nilai UAS DB sama dengan CMP AL

KETERANGAN :
 # .MODEL SMALL --> Bentuk memory yang digunakan kurang dari 1 segment atau 64 KB

# .CODE --> Menyimpan program yang nantinya akan dijalankan
# ORG 100h --> Kita menyediakan 100 byte kosong pada saat program dijalankan, untuk mengontrol    jalannya program tersebut
#Tdata--> Label untuk memulai
#JMP proses-->Lompat ke proses
#UAS DB(angka)--> Memasukkan nilai pada "UAS"
#Kal0 DB 'lulus $' --> Mencetak karakter "LULUS"
#Kal1 DB 'lulus bersyarat $' --> Mencetak karakter "LULUS BERSYARAT"
#Kal2 DB 'tidak lulus $'--> Mencetak karakter "TIDAK LULUS"
# PROSES --> Label untuk memulai
#MOV AL,UAS --> Memindahkan/memasukkan register UAS ke AL
#CMP AL,40 --> Membandingkan Nilai UAS dengan nilai 40
#JB AKecil -->Lompat ke Akecil jika operan1<operand2
#JE Sama --> Lompat ke Sama jika operand1=operand2
#JA Abesar --> Lompat ke Abesar jika operand1>operand2
#Akecil --> Label 
# lea dx,Kal0 --> Ambil offset Kal0
#JMP cetak --> Lompat ke cetak
#Sama--> Label
#lea dx,Kal1--> Ambil offset Kal1
#JMP cetak--> Lompat ke cetak
#Abesar --> Label
#lea dx,Kal2 --> Ambil offset Kal2
#cetak--> Label untuk mencetak
#MOV AH,09h-->Servis untuk mencetak kalimat
#INT 21h-->Cetak kalimat
#exit : INT 20h--> Kembali ke DOS
#END Tdata --> Mengakhiri program assembly


hunaka download^^ 

***** ^_^ JAZAKILAH ^_^ *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar